Program Pendidikan

Program Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh merupakan aktivitas yang memuat kebulatan pengalaman belajar dalam ilmu pengetahuan, ketrampilan dan sikap peserta didik.

A. Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh berbasis Pesantren

(Sistem Boarding​ School)

           Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh berbasis Pesantren merupakan sistem sekolah dengan pesantren, dimana peserta didik dan juga para guru dan pengelola sekolah tinggal di asrama yang berada dalam lingkungan sekolah dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun.  Setiap tiga bulan sekali diselingi dengan berlibur. Peserta didik terlindungi dari hal-hal yang negatif seperti merokok, narkoba, tayangan film atau sinetron yang tidak mendidik dan sebagainya. Di Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh berbasis Pesantren ini, para siswa mendapatkan pendidikan dengan kuantitas dan kualitas yang berada di atas rata-rata pendidikan dengan sistem konvensional.
          Seluruh peserta didik wajib tinggal dalam satu asrama. Oleh karena itu, guru atau pendidik lebih mudah mengontrol perkembangan karakter peserta didik. Dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, baik di sekolah, asrama dan lingkungan pesantren dipantau oleh guru-guru selama 24 jam. Kesesuaian sistem boarding-nya, terletak pada semua aktivitas siswa yang diprogramkan, diatur dan dijadwalkan dengan jelas. Sementara aturan kelembagaannya sarat dengan muatan nilai-nilai karakter dan akhlak.
           Kurikulum MTs. Ar-Raudloh (Boarding School) :
a. Kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah
b. Kurikulum 2013
c. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
d. Muatan Lokal

B. Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh Sistem Fullday School

        Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh dengan sistem fullday  school, yaitu  peserta didik mengikuti pembelajaran dengan  jam belajar sehari penuh antara jam 07.00-15.30/ 16.00. Full day school, adalah program sekolah di mana proses pembelajaran dilaksanakan sehari penuh di sekolah. Dengan kebijakan seperti ini maka waktu dan kesibukan anak-anak lebih banyak dihabiskan di lingkungan sekolah dari pada di rumah. Anak-anak dapat berada di rumah lagi setelah menjelang sore.

        Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh dengan sistem fullday  school salah satu model sekolah umum dibawah naungan Kementrerian Agama yang memadukan sistem pengajaran agama secara intensif yaitu dengan memberi tambahan waktu khusus untuk pendalaman agama siswa. Dengan jam tambahan dilaksanakan pada jam setelah sholat dhuhur sampai sholat ashar, praktis nya sekolah model ini masuk pukul 07:00 WIB dan pulang pada pukul 15 : 30. 

          Kurikulum Madrasah Tsanawiyah Ar-Raudloh dengan sistem fullday  school :

a. KurikulumTingkat satuan Pendidikan

b. Kurikulum 2013

c. Kurikulum muatan Lokal

d. Kurikukulum tambahan dari Pondok Pesantren

          Dalam  rangka menyeimbangkan siswa  full day school dengan boarding school, MTs. Ar-Raudloh memberikan tambahan pelajaran berupa :

a. Tahsinul Qur'an setiap hari Senin

b. Muhadarah setiap  hari Sabtu Malam (Minggu malam) pada minggu ke-empat.